Kamis, 27 Mei 2010

KETAHANAN NASIONAL

Ketahanan Nasional (Tannas) adalah konsep bangsa Indonesia, Keselamatan Nasional (National Security) atau kelangsungan hindup bangsa (national survival). National security yang sering kita tejemahkan dengan keamanan nasional, lebih fokus pada kekuatan militer daripada kekuatan lain yang ada dalam kehidupan suatu bangsa. Ketahanan nasional yang juga disebut sebagai comprehensive security, berpendapat bahwa kelangsungan hidup suatu bangsa atau masyarakat tergantung pada keserasian aspek kehidupan seperti Ideologi-Politik-Ekonomi-Sosial Budaya-Militer, dimana tiap aspek saling mempengaruhi. Stabilitas dari networking aspek-aspek tersebut akan menciptakan Tannas yang kuat.
Jika didasarkan hukum yang berlaku pada saat itu, maka Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dikelilingi perairan teritorial sepanjang 12 mil, maka selebihnya menjadi wilayah internasional, situasi demikian membahayakan keamanan nasional dan internasional, karena rawan konflik. Maka Indonesia mengusulkan agar wilayah laut pedalaman, yang pengukurannya didasarkan berdasarkan pada prinsip-prinsip tertentu dapat menjadi wilayah nasional.
Maraknya perdagangan bebas di Indonesia, seperti halnya barang-barang China yang menyerbu pasaran Indonesia membuat para pedagang Indonesia kalah bersaing dengan China yang menawarkan barang bagus dengan harga yang sangat rendah. Tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat terutama bagi anak muda. Maka dengan demikian diperlukan aktualisasi ketahanan nasional pada individu dan pemerintahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar