Jumat, 25 September 2009

Manfaat Tanaman Buah bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman buah tidak hanya enak dimakan buahnya saja, namun ternyata buah maupun bagian tubuh tanaman lainnya pun memiliki khasiat yang tidak boleh dipandang remeh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan bila kita tahu manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya.
Buah anggur selain enak untuk dikonsumsi ternyata juga bisa bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah Anda. Kulit wajah yang halus mulus dan bersih adalah idaman hampir semua orang. Walau dewasa ini sudah banyak produk kosmetik yang menawarkan berbagai khasiat untuk menghaluskan dan memutihkan wajah, namun cara tradisional dengan menggunakan buah anggur bisa juga menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Caranya cukup mudah dan sederhana. Sediakan kurang lebih 250 gram buah anggur yang terutama berwarna hijau, buang kulit dan bijinya, dan kemudian dilumatkan sampai halus dengan menggunakan blender atau food prosesor. Kemudian campurkan dengan tepung beras atau tepung terigu secukupnya. Aduk hingga bercampur rata dan campuran ini digunakan sebagai masker wajah maupun dibalurkan di bagian leher. Bisa juga dibalurkan ke seluruh tubuh dan dipakai sebagai lulur. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, baru kemudian dibilas dengan air bersih atau bisa juga dengan air mawar. Jika dilakukan secara teratur, maka niscaya kulit wajah maupun kulit tubuh Anda akan halus mulus dan juga lambat laun akan kuning langsat serta berwarna lebih cerah. Untuk pembuktiannya silakan mencobanya sendiri di rumah.
Buah alpukat (avocado) juga bisa digunakan untuk masker wajah. Selain untuk menghaluskan kulit wajah, buah ini juga dipercaya dapat mengencangkan kembali kulit wajah yang sudah mulai keriput, serta membuat kulit wajah berwarna lebih cerah dan tidak kusam.
Buah tomat (Solanum lycopersicum) juga berkhasiat bagi kecantikan wajah, terutama untuk mengatasi kulit kasar dan berjerawat, karena selain mengandung vitamin C, juga mengandung protein dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan kulit. Selain bisa dipakai sebagai masker wajah, buah tomat yang dikonsumsi secara teratur juga akan membuat kulit kita akan menjadi halus, karena buah ini berkhasiat memperbarui dan membangun sel-sel kulit yang telah mati, sehingga kulit tidak mudah keriput dan tetap segar sepanjang hari. Bila dipakai sebagai masker wajah, sebaiknya dilakukan seminggu sekali. Hal yang perlu diperhatikan saat memakai masker wajah dari bahan buah-buahan adalah sebaiknya melakukan sedikit masase (gerakan memijat wajah) dengan gerakan dari bawah ke atas untuk mengencangkan dan menarik bagian-bagian kulit wajah yang kendur atau mulai keriput, selain itu juga untuk melancarkan peredaran darah pada wajah agar wajah senantiasa kelihatan segar dan tidak kusam.
Tanaman pisang, yaitu getah pohonnya, ternyata bisa digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya pohon pisang ditebang kira-kira setengah bagian dari ketinggian, kemudian dibuat lubang di bagian tengahnya (diameter batang), biarkan selama semalaman sampai lubang pada bekas tebangan batang pisang itu dipenuhi oleh getah bening tanaman pisang. Ambil getah itu dan ditampung dalam sebuah wadah. Getah pohon pisang itu kemudian dioleskan pada rambut sambil dipijit-pijit perlahan selama lima menit. Selanjutnya bungkus rambut dan kepala Anda dengan handuk selama semalaman. Keesokan harinya, rambut dikeramas dan dicuci bersih. Bila hal ini dilakukan secara teratur, maka problem rambut rontok atau kurang subur sedapat mungkin bisa teratasi.
Lain lagi dengan khasiat pepaya (Carica papaya). Buah yang satu ini bukan main manfaat dan khasiatnya. Buahnya sangat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan karena kaya akan serat sehingga bisa mengatasi gangguan sembelit atau panas dalam. Zat getah dari buah pepaya muda mengandung damar dan papayachine, yang mampu melarutkan zat putih telur, sehingga cocok untuk mengobati luka bakar, jerawat pada wajah dan penyakit kulit lainnya. Sari daun pepaya terbukti mampu memperkuat sekresi empedu, menghilangkan perut mulas dan merangsang nafsu makan. Itulah makanya, akan sangat baik bila sering-sering makan pecel sayur daun pepaya. Kulit akar pepaya juga tak kalah dalam hal kemanfaatannya. Kulit akar pepaya bila diseduh dengan air panas, cukup manjur untuk mengobati penyakit ginjal dan kencing batu. Biji pepaya pun tidak kalah dalam hal khasiatnya, karena biji pepaya yang ditumbuk dan dicampur dengan cuka, berkhasiat dapat menghilangkan demam dan influenza. Biji pepaya juga dapat bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Rambut yang semula kusut dan kemerahan bisa berubah menjadi rambut hitam yang berkilau sehat bila sering menggunakan cem-ceman tumbukan biji pepaya yang sudah dicampur dengan minyak kelapa. Cara membuat ramuan cem-ceman ini sebenarnya sangat sederhana. Cukup ambil segenggam biji pepaya dari buah yang telah masak. Kemudian biji-biji tersebut dijemur hingga kering di terik matahari. Setelah kering, biji-biji tersebut disangrai sampai gosong, lalu ditumbuk sampai halus seperti bubuk. Bubuk biji pepaya kemudian dicampur dengan minyak kelapa hingga bercampur rata. Campuran ini kemudian bisa dibalurkan ke seluruh kulit kepala maupun seluruh bagian rambut sambil dipijat-pijat hingga merata. Biarkan selama 30 menit, baru kemudian keramas dengan menggunakan shampo herba atau pun shampo merang yang banyak beredar di pasaran. Bila dilakukan secara rutin, niscaya rambut yang rusak, kusut dan berwarna kemerahan akan segera berubah menjadi rambut hitam subur dan kemilau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar