Jumat, 06 November 2009

BATIK



Batik merupakan hasil budaya bangsa Indonesia. Batik yang terkenal adalah buatan dari Pekalongan, Yogyakarta atau Solo. Semua wisatawan baik dari dalam maupun luar jika datang ketempat ini, maka oleh - oleh yang utama adalah semua barang yang terbuat dari batik seperti kemeja,daster,celana,tas,saputangan dll.

Kota Sleman juga penghasil batik tulis yang mulai terkenal, bahkan sudah mampu menembus pasar internsional terutama di Jepang dan Amerika Serikat. Seorang pengusaha batik Nakula Sadewa dari Sleman, bambang Sumardiyono mengatakan bahwa beliau selalu mempromosikan batiknya ke setiap pameran baik di dalam maupun di luar negeri seperti Rusia,Latvia,Jepang, Jerman dan Amerika Serikat, hasilnya banyak negara yang berminat. Setiap Pameran batik saya selalu habis bahkan bati yang saya pamerkan juga ikut terjual. Ditambahkan Bambang, omzet penjualan batik Sleman ini cukup tinggi satu bulan mencapai Rp200 juta.

Untuk mempertahankan agar batik Sleman ini tetap di minati oleh pasar Internasional maka yang perlu dijaga adalah kualitas dan penggunaan bahan pewarna alam, pasar Internsional sangat menyukai pewarna alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar