Kamis, 05 November 2009

MANFAAT BUAH UNTUK KULIT

Buah-buahan ternyata bisa dimanfaatkan menjadi bahan kecantikan. Salah satunya adalah dibuat masker dan lulur. Tak ada salahnya untuk mencoba masker buah-buahan ini. Salah satu cara mengembalikan kesegaran wajah adalah mengencangkannya kembali dengan menggunakan masker dari buah. Penggunaan masker pada wajah memiliki bebearapa manfaat. Selain melembutkan kulit , fungsi masker adalah membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran, debu, maupun sisa kosmetik yang tidak bisa hilang karena pembersih biasa. Masker juga dapat mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit. Memberi masker pada wajah sama dengan merilekskan otot-otot wajah. Sebaiknya gunakan masker 1-2 kali seminggu, kulit akan tampak cerah dan kencang.

  • mentimun yang berkhasiat menghaluskan dan melemaskan kulit, membersihkan pori-pori, juga mengeluarkan kotoran dari kulit.
  • tomat yang mampu mengembalikan keseimbangan minyak pada kulit berminyak, sehingga wajah selalu segar dan alami.
  • wortel dengan cara dijus atau direbus. Kandungan vitamin A-nya diperlukan untuk pemeliharaan jaringan epitel (jaringan yang ada dipermukaan kulit). Karotennya juga berfungsi menjaga kelembapan kulit, memperlambat timbulnya kerutan pada wajah dan membuat wajah tampak selalu berseri.
  • nanas juga bagus. Di dalam nanas, ada zat yang berfungsi mengecilkan pori-pori sehingga kulit tampak halus.
  • alpukat sebagai masker. Kadar lemaknya yang tinggi dapat melembapkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari.
  • Belimbing Buah ini mengandung vitamin A dan C yang efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit, menyegarkan dan menyejukkan wajah. Kandungan mineralnya juga mampu mengurangi kelelahan kulit. Caranya: cuci bersih buah belimbing lalu potong tipis, tempelkan pada bagian kulit yang banyak mengeluarkan minyak. Diamkan kurang lebih lima menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Pisang Buah yang satu ini bisa membantu mengatasi kulit wajah yang kering sekaligus menghilangkan noda. Caranya: hancurkan satu buah pisang lalu campurkan dengan 50cc yoghurt putih dan dua sendok makan madu. Gunakan sebagai masker wajah dan leher. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan masker ini seminggu sekali untk menghilangkan noda di wajah.
  • Stroberi Buah kecil berwarna merah ini sebagai instant radiant dengan mencampurkan tiga buah stroberi dan sesendok teh madu, hancurkan, namun jangan terlalu lembut. Oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Setelah masker agak mengering, gosok dengan gerak melingkar untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah. Basuh dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali. Vitamin C pada stroberi efektif mencerahkan kulit dan madu melembabkan kulit
  • Melon Dapat mendinginkan kulit yang tebakar matahari, caranya dengan mengiris tipis melon, kompreskan selama 20 menit pada wajah yang telah dibersikan, lalu bilas. Melon mengandung zat astringent yang berkhasiat sebagai tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar matahari.
  • Jeruk Kulit jeruk bisa mencerahkan kulit kusam dengan merendam kulit jeruk yang sudah ditusuk-tusuk garpu dalam air hangat selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah dibersihkan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Berfungsi juga untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang membandel.
  • Jeruk nipisMengatasi jerawat Anda yang membandel dengan cara mencampurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu yang telah dihangat. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Madu mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman penyebab jerawat, sedangkan jeruk nipis mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Gunakan setiap hari sampai jerawat hilang.
SELAMAT MENCOBA .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar